Langsung ke konten utama

Belut

Masakan Papan Atas nan Bergengsi
Belut (
Monopterus albus) adalah salah satu sumber energi dan protein yang sangat potensial. Saat ini belut bukan hanya dikonsumsi oleh orang-orang pedesaan di Indonesia. Rasanya yang lezat dan tingginya kandungan protein yang terdapat di dalam dagingnya ternyata telah menghipnotis dan bikin kecanduan penduduk dinegara-negara Jepang, Hongkong, Cina, Malaysia, Taiwan, Korea Selatan dan Singapura. Negara tersebut merupakan negara pengkonsumsi belut paling besar di Asia. Di negara-negara seperti Italia, Perancis, Spanyol, Belanda, Denmark, Inggris, Australia, dan Selandia Baru sudah menjadikan belut sebagai menu tambahan dalam setiap hidangan.

Bahkan bangsa Jepang melirik belut untuk mendapatkan sedikit kenyamanan ketika musim panas melanda. Memakan belut sayur atau rebus selama musim panas, terutama ketika masa "Doyo Ushi no Hi." Sejak lama belut dipandang sebagai cara efektif untuk melawan hawa panas, dihidangkan di atas mangkuk nasi dan disiram kuah saus. Karena belut mengandung protein kadar tinggi, maka menyantapnya ketika musim panas salah satu cara untuk meningkatkan energi yang terkuras. Ketika musim panas melanda negeri itu, nafsu makan hilang gara-gara udara panas. Dalam setahun bangsa matahari terbit, menetapkan satu hari sebagai Hari Belut. Saat itulah para koki terampil dari restoran-restoran khusus bangun pagi-pagi sekali untuk merebus belut. Bahkan ada yang memasak belut sampai 1000 ekor. Ganbatte, yo. *uuueedan, tenan*

Bagi masyarakat Eropa, belut merupakan masakan papan atas yang hanya bisa ditemui di hotel berbintang dan restoran mewah. Tentunya, hidangan ini tidaklah murah harganya. Berdasarkan hal itu, tak ayal jika bisnis belut makin hari makin meningkat. Untung gua gak tinggal di Eropa, sehingga dengan beberapa ribu rupiah saja sudah bisa menikmati maknyus-nya masakan belut. ;)

Sumber Energi dan Protein
Menilik kandungan energi dan gizi yang ada pada belut juga cukup tinggi. Belut mempunyai nilai energi 303 kkal per 100 gram daging. Dibandingkan telur dan daging sapi, nilai energi belut jauh lebih tinggi. Bandingkan, nilai energi telur (162 kkal/ 100 g tanpa kulit) dan daging sapi (207 kkal per 100 g). Oleh karena itu belut sangat baik untuk digunakan sebagai sumber energi.

Nilai protein pada belut lebih tinggi dibandingkan telur. Nilai protein ini hampir setara dengan daging. Nilai protein belut adalah (18,4 g/ 100 g,) nilai protein daging (18,8 g/ 100g,) sedangkan nilai protein telur (12,8 g/100 g). Seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada belut juga sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk sumber protein bagi semua kelompok usia, dari bayi hingga manula.

Protein belut juga kaya akan beberapa asam amino yang memiliki kualitas cukup baik, yaitu leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamat. Leusin dan isoleusin merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa.

Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Asam glutamat sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan asam aspartat untuk membantu kerja neurotransmitter.

Tingginya kadar asam glutamat pada belut menjadikan belut berasa enak dan gurih. Dalam proses pemasakannya tidak perlu ditambah penyedap rasa berupa monosodium glutamat (MSG).

Kandungan arginin (asam amino nonesensial) pada belut dapat memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HGH). HGH ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Mineral dan Vitamin
Belut kaya akan zat besi (20 mg/100 g), jauh lebih tinggi dibandingkan zat besi pada telur dan daging (2,8 mg/ 100g). Konsumsi 125 gram belut setiap had telah memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, yaitu 25 mg per hari. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk mencegah anemia gizi, yang ditandai oleh tubuh yang mudah lemah, letih, dan lesu.

Zat besi berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi membawa oksigen ke. seluruh jaringan tubuh. Oksigen tersebut selanjutnya berfungsi untuk mengoksidasi karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi untuk aktivitas tubuh. Itulah yang menyebabkan gejala utama kekurangan zat besi adalah lemah, letih, dan tidak bertenaga. Zat besi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.

Belut juga kaya akan fosfor. Nilainya dua kali lipat fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, konsumsi fosfor hares berimbang dengan kalsium, agar tulang menjadi kokoh dan kuat, sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya (sekitar 80 persen) berada dalam tulang dan gigi.

Fungsi utama fosfor adlaah sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyal dibandingkan saat-saat tidak mengandung, terutama untuk pembentukan tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.

Kandungan vitamin A yang mencapai 1.600 SI per 100 g membuat belut sangat baik untuk digunakan sebagai pemelihara sel epitel. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, penglihatan, dan prows reproduksi.

Belut juga kaya akan vitamin B. Vitamin B umumnya berperan sebagai kofaktor dari suatu enzim, sehingga enzim dapat berfungsi normal dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B juga sangat penting bagi otak untuk berfungsi normal, membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.

Lemak
Meskipun mempunyai nilai gizi yang tinggi, kandungan lemak pada belut cukup tinggi, yaitu mencapai 27 g per 100 g. Lebih tinggi dibandingkan lemak pada telur (11,5 g/100 g) dan daging sapi (14,0 g/100 g).

Walaupun kadar lemaknya tinggi, belut tidak perlu dihindari dalam pola makan kita. Bagaimanapun, lemak memegang peran penting sebagai somber kelezatan, sumber energi, penyedia asam lemak esensial, dan tentu saja sebagai pembawa vitamin min larut lemak (A, D, E dan K).

Pada lemak ikan terdapat vitamin D yang cukup tinggi, yaitu 10 kali lipat dibandingkan bagian dagingnya dan 50 kali lipat vitamin D yang terdapat pada susu. Vitamin D sangat berguna bagi tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan menghalanginya dad proses resorpsi (pelepasan kalsium dad tulang).

Upaya untuk mengurangi kadar lemak pada belut adalah dengan cara dipanggang di atas bara api. Proses pemanggangan akan menyebabkan lemak mencair dan keluar dari daging belut, menetes ke bara api. Sebaiknya belut tidak diolah dengan cara digoreng, agar kadar lemaknya tidak bertambah banyak.

Seperti pada jenis ikan lain, belut juga mengandung asam lemak omega 3. Kadar omega 3 pada lemak ikan, termasuk belut, sangat bervariasi tetapi berkisar antara 4,48 persen sampai dengan 11,80 persen. Kandungan omega 3 pada ikan, tergantung kepada jenis, umur, ketersediaan makanan, dan daerah penangkapan.

Dan hasil penelitian, diketahui bahwa bagian tubuh ikan memiliki lemak dengan komposisi omega 3 yang berbeda-beda. Kadar omega 3 pada bagian kepala sekitar 12 persen, dada 28 persen, daging permukaan 31,2 persen, dan isi rongga perut 42,1 persen (berdasarkan berat kering).

Belut dan Jengkol
Nah, saudara-saudara mikir apalagi, hayo kita makan dengan lahap hidangan masakan belut. Mau digoreng, digulai, dipepes atau dibakar... monggo. Sesuai kesukaan dan selera masing-masing. Dan jangan lupa ditambah semur jengkol, pasti rasanya top markotop. *lho, jengkol kok ikutan* Mertua lewat juga gak bakalan keliatan *mertua lewat jalan depan rumah, saya makan di ruang makan deket dapur, hayo gimana bisa keliatan..*

referensi :
- Tabloid SENIOR
- http://iswadi37.wordpress.com
- http://agromedia.net/


Komentar

  1. Ok Bos selamat
    Semoga sukses terus bos.
    Amin

    Robby

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Robby:
      Terima kasih atas dorongannya, boss. Maaf, ya, boss menunggu selama delapan tahun baru saya balas, :)

      Hapus
  2. resep yang layak dicoba

    BalasHapus
  3. Wah.. aku paling suka belut yang digoreng garing pake tepung, trus pake sambel, lalapan sama nasi hangat hmm nyummy.. Waduh jadi laper :P

    BalasHapus
  4. da, sebagai orang minang, saya doyan banget makan belut: dipukul agar tulangnya hancur, kemudian digoreng kering dan dicampur sambalado mudo yang digiling kasar, ditumis sebentar pake asam jeruk. yum!

    BalasHapus
  5. Belut? takut...hihi. salam kenal ya:-)

    BalasHapus
  6. postingnya ok bangetkalo ada belut nanti langsung aku olah dan makan,mengiurkan sekali ya,,,,,

    BalasHapus
  7. wah artikelnya cocok sama bisnisan saya sekarang,
    barang kali ada yang ma pesan belut bisa hubungi saya , ya numpang iklan nih mas Aris..

    SINAR BELUT
    Kami berlokasi di Tangerang menjual/menyalurkan belut segar sampai di tempat baik dalam dan luar Negri, Harga bersaing. Minimal 1 kwintal
    kami juga dapat menyediakan benih belut untuk pembesaran.

    Harga Belut segar Hidup Rp. 30,000,./kg
    Harga Belut segar Mati(freezered) Rp. 27.000/kg
    Benih/bibit belut Rp. 45,000/kg

    Hubungi (021) 990 282 38

    Terima kasih Administrator

    BalasHapus
  8. wah baru tau nih belut byk jg gizi nya.
    tp suer saya belum pernah makan belut.
    agak geli gimanaaaa gitu...

    BalasHapus
  9. salam kenal euy, sesama penggemar belut...he,he,he

    BalasHapus
  10. emg belut enak ya,,,

    salam kenal :)

    BalasHapus
  11. hallo salam kenal juga.....Belut salah satu makanan paling digemari di jepang dan dimasak dgn cara dibakar serta harganya lumayan mahal....hehe...

    BalasHapus
  12. belut makanan inyong sejak kecil,setiap hari inyong nyari disawah buat makan hheee
    salam kenal kembali penuh persahabatan

    BalasHapus
  13. di update dong....
    masa belut aja dari bulan januari...
    salam kenal
    terimakasih sudah mengunjungi dan berkomentar di blog saya...
    (^^)

    BalasHapus
  14. Kunjungan balik dan follow disini

    BalasHapus
  15. wah makanan kesenangan saya tu.. folow saya ya,,, saya mau folow kamu biar ngak kehilangan info dari kamu

    BalasHapus
  16. belut, kadang enak, kadang amis, tergantung yg masak.
    salam kenal :)

    BalasHapus
  17. wewww... tapi aku ga doyan bgt sama belut dan makhluk air tawar lainnya hehehe... ga ad rasanya, hambar...

    BalasHapus
  18. sebenarnya aku tahu kalo belut itu banyak bgt gizinya....tapi hikkss... gak terlalu suka,knp ? bentuk nya yg seperti ulat hehe...

    nice post sobatku

    BalasHapus
  19. aku lebih suka jengkol....belut amis

    BalasHapus
  20. goog morning friend, your posting spectacular information, give me some comment and follower.

    BalasHapus
  21. owh, belut... bergizi tinggi. Sayangnya aq gak suka... ;( mte kenal juga ya... aq follow.. ;)

    BalasHapus
  22. Info yang bagus,makasih bapak Aris.
    Gwe suka bangat makan Belut Bakar & Sushi Belut(Unagi Shushi).
    Nyummy......

    Salam pengenalan jua dari seberang...

    http://miecyber.blogspot.com
    http://tamannegarapackage.com

    BalasHapus
  23. wah..enak gila..
    belut itu sangat lezat.
    wah..apa lagi makannya pake jengkol.
    he..he.....he...nyesal juga kalau gak coba.

    BalasHapus
  24. nice post !
    unagi emang enak..wkkwkwk :D
    xoxo..
    michelle || glisters and blisters
    check out my latest post on bokeh+vintage photo video tutorial !

    BalasHapus
  25. belut enak di makan..tapi harus di masak dulu..hehehe

    BalasHapus
  26. ~~Selamat hari ibu~~

    ..♥♥..♥♥..♥♥..♥♥..♥♥..♥♥..♥
    ♥..♥  ╔══╦══╗╔╦══╗  ♥..♥
    ♥..♥  ╚═╗║╔╗║║║╔╗║  ♥..♥
    ♥..♥  ╔═╝║║║║║║║║║  ♥..♥
    ♥..♥  ║╔═╣║║║║║║║║  ♥..♥
    ♥..♥  ║╚═╣╚╝║║║╚╝║  ♥..♥
    ♥..♥  ╚══╩══╝╚╩══╝  ♥..♥
    ..♥♥..♥♥..♥♥..♥♥..♥♥..♥♥..♥

    Ibu..
    Di saat ku melihat dunia,
    Kau tersenyum menangis gembirra,
    Tatkala ku dibesarkan,
    kau berikan segunung kasih sayang,
    Selaut belaian..
    Ibu..
    Pengorbananmu akan ku balas,
    Pengajaranmu sentiasa jadi pegangan,
    Biarpun ombak merobek dunia,
    Kau tetap ibuku yang satu.
    wah..... belud mmg kira makanan exotic tak ramai yang mahu makannya... geli dong...
    Sorry lama sungguh tak ziarah blog kamu maaf ye kerana kesibukan bekerja membataskan masa untuk berblog namun kita tetap kawan di alam maya..…

    Salam ziarah salam muhibbah dari
    http://firestartingautomobil.blogspot.com/
    http://bukandoktorveterinar.blogspot.com/

    BalasHapus
  27. sebenernya saya geli sama belut. hiiiii... kaya cacing... kl bayangin kaya ular malah syeremmmm.... tp setelah baca blog ini... hmmmm jadi pengen nyoba.... apa penasaran atau pengaruh udah siang jadi laper yak, wkwkwkw....
    btw, salam kenal ya mas ^_^

    BalasHapus
  28. hahahah udah lama gak maem belut. Enak lho klo d pepes gitu. mantabzz.. :D
    salam kenal

    BalasHapus
  29. wah jadi gak sabar untuk segera panen belut di depan rumah nih :)

    BalasHapus
  30. oh, jadi di sini jualan belut ya...

    BalasHapus
  31. Belut goreng, hm, saya juga suka.

    BalasHapus
  32. Wah kok lama nggak di update??? Semangat-semangat buat ngeblognya :)

    dari http://aguestri.co.cc

    BalasHapus
  33. thx for ur sweet comment :)

    check my new post,
    xoxo,
    Rebecca
    http://rebeccaclch.blogspot.com

    BalasHapus
  34. BUAT PENGUNJUNG:
    Terima kasih atas kunjungan anda sekalian. Blog ini sengaja dibiarkan mati suri alias belum nambah posting baru. Akan ada saatnya nanti blog ini akan dikelola secara lebih baik. Tunggu tanggal mainnya. Untuk menghibur hati anda yang lagi lara, silahkan berkunjung ke blog saya lainnya:
    http://alrisblog.wordpress.com/
    http://PakOsu.wordpress.com/

    Salam sukses buat semua.

    BalasHapus
  35. makasih kunjungannya.. :)
    hhe, biarpun keliatannya ga bgitu enak [sayanya aja yg ga suka kali ya, hhe], ternyata belut banyak mengandung yg diperlukan sama tubuh kita ya.

    BalasHapus
  36. update gan :) ini dah 2011 hehehe

    BalasHapus
  37. Saya alergy ama belut...terdengar aneh, tapi itulah kenyataannya...setiap habis makan belut langsung gatal2 n bentol2 merah...

    BalasHapus
  38. jengkolnya, gak ah, belutnya aja kirimim ya, hehey :D

    BalasHapus
  39. Makanan kesukaanku, didaerahku terkenal dengan produksi keripik belut.

    BalasHapus
  40. wih

    belut memang gurih
    dan selera jadi sering ketagih

    BalasHapus
  41. saya suka belut apalagi kalau di pepes dan di masak pedes, mantap deh..
    di tuban ada yang jual belut pedes dan rasanya enak

    BalasHapus
  42. Ternyata nilai protein pada belut lebih tinggi dibandingkan telur, Aku lebih suka di goreng kering. daerahku terkenal dengan budidaya belut lo.

    BalasHapus
  43. belut sangat banyak manfaatnya ya ternyata, saya suka yang di goreng terus pakai nasi :D

    BalasHapus
  44. belut ini katanya makanan yang banyak manfaatnya ya,,kandungan protein dalam belut juga ternyata lebih tinggi dibandingkan telur.

    BalasHapus
  45. belut goreng itu gurihhhh banget.... saya suka :D

    BalasHapus
  46. Kalau sudah ngomongin BELUT ingatan saya langsung kepada Pasar GODEAN Jogja aja. HIHiheiheie

    BalasHapus
  47. Belut? Baru denger namanya udh bergidik.... haduuhh kpn ya saya bisa menyukainya... :)

    BalasHapus
  48. suka belut pedeeesss
    kalo jengkol saya belum pernah

    BalasHapus
  49. saya ngeri sebenrnya dengan elut hidup. kalo udah di masah sayah suka. tapi lebih suka jengkolnya kang.

    BalasHapus
  50. wah, cocok nih buat saya yang anemiaan.
    dari kecil saya suka belut, tapi seiring bertambahnya usia kenapa jadi semakin geli sama belut.

    BalasHapus
  51. wah, cocok nih buat saya yang anemiaan.
    dari kecil saya suka belut, tapi seiring bertambahnya usia kenapa jadi semakin geli sama belut.

    BalasHapus
  52. belut goreng itu kesukaan saya banget, gurih pokoke :D

    BalasHapus
  53. Hmmm jadi pengen nangkap belut nih.

    BalasHapus
  54. berarti bisa saya simpulkan kalau belut itu makanan berskala asia atau international ya hhehe

    BalasHapus
  55. Kalau saya sih agak geli makan belut. Kecuali yang digoreng.

    BalasHapus
  56. Dikasih foto lebih kece kayaknya mas poatingannya hehehe

    BalasHapus
  57. sayang belut banyak durinya,, hehe
    mampir ke blog saya juga ya..
    salam kenal dari saya Ameliya
    www.risalahku.com

    BalasHapus
  58. Setahu saya yatim alris juga jualan. Buku2 romantis untuk pelacur2 dimana2

    BalasHapus
  59. Belut sangat enak apalagi di goreng, blog yang sangat bagus. terima kasih sudah berbagi semoga sukses selalu..
    poker77
    judi poker online
    Kiu Kiu Poker
    Poker Texas Boyaa
    clubpoker88
    domino338
    Agen Sbobet

    BalasHapus
  60. Thank you for your blog.Really thank you! Really Cool. thank you for sharing information
    asia88
    sbobet338
    sbobet388 casino
    joker388
    idn poker
    judi slot qq
    sbobet777 login

    BalasHapus
  61. I really appreciate this wonderful post that you have provided for us. I assure this would be beneficial for most of the people. thank you for sharing information
    please help my website
    sbobet777
    sbobet338
    Sobet88
    slot888
    daftar sbobet777
    sbobet88

    BalasHapus
  62. Thanks for posting this info. I just want to let you know that I just check out your site and I find it very interesting and informative. I can't wait to read lots of your posts.
    Bola888
    Fa Fa Slot
    Live22 Slot Online

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blog Baru

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahirabbil'alamin, Akhirnya jadi juga blog aku di blogspot ini. Terima kasih kepada temanku Robby yang sudah mengompori aku untuk bikin blog ini, tengqiu fren. Kenapa blog aku ini judulnya alrisjualan? Memang begitulah adanya tujuan bikin blog di blogspot ini. Ya, jualan ide, pemikiran, tulisan dan sangat diinginkan jual barang beneran. Saya nanti akan menampangkan di blog ini beberapa komoditas yang bisa dijual, semoga laris manis. Menyimak cerita dari rekan-rekan yang sudah sukses berkat jualan secara online, maka kenapa tidak saya coba cara ini? Bukankah saat ini, setelah kena phk, tepat untuk memulai hal yang baru. Dengan hal-hal yang saya sebutkan diatas dan ada kecendrungan global peningkatan penggunaan internet untuk segala sektor kehidupan, maka hadirlah blog baru saya ini. Semoga bermanfaat buat semua, amin. Salam, Y. Alris

Makan Gadang : Gulai Itiak Lado Mudo

Sewaktu pulang kampung bulan Agustus 2012 saya menyempatkan diri untuk mengadakan Makan Gadang dengan teman sepermainan masa kecil, adik dan ponakan . Makan Gadang adalah makan bersama beralaskan daun pisang  (balanjuang, Padang); (bancakan, Jawa); (botram, Sunda). Dalam kegiatan makan bersama ini kalau di kampung saya yang bertanggung jawab dalam penyediaan konsumsi biasanya secara bersama. Kadang ada juga saat orang rantau yang pulang kampung “ditodong” untuk membeli bahan yang akan dimasak, khususnya bebek, entog, ikan, dan jengkol. Karena biasanya bahan yang akan dimasak itulah harganya sedikit mahal. Posting kali ini biarlah gambar yang berbicara.                      Gulai Itiak Lado Mudo versi kampung saya tidak memakai santan. Resep Gulai Itiak Lado Mudo bisa dibaca disini . *****************************************************************  Tulisan ini pertama kali diterbitkan 21 Oktober 2016 pada blog http://alrisblog.wordpres